jump to navigation

Biasa atau luar biasa? Agustus 14, 2006

Posted by ganden in Obrolan santai.
trackback

Seperti biasanya aku memperhatikan email yang tersangkut di bulk email pada account yahooku. Biasanya sih isinya nggak karu-karuan. Pokoknya aku selama ini nggak tertarik dengan bulk email dan pasti langsung aku delete. Aku nggak ngerti dari mana asalnya tiba-tiba aku pingin sekali melihat bulk email. Tiba-tiba mataku tertuju pada tulisan kapital pada subject email “GANDEN MOJOAGUNG”. Aku terkesima sesaat. Dalam waktu bersamaan akupun berpikir. Jangan-jangan ini virus. Maklum virus komputer belakangan ini telah membuat jantung pengguna komputer berdetak kencang dan dengkulnya gemetar. Dengan perasaan was-was kubuka email itu.

Betapa terkejutnya aku ternyata email itu dari kawanku semasa masih SMP dulu. “Opo koen Ganden sing biyen sekolah nang SMP Mojoagung? Sing biasane nggowo sepeda motor yamaha? Aku Rudi sing biyen sering runtang-runtung karo Tono, Wachid, dan lain-lain” katanya di awal email itu. Bayanganku langsung terbang ke tahun 1982-1985 di saat aku mencicipi pendidikan di SMP Negeri 1 Mojoagung. Kucoba membongkar arsip lama di otakku yang mulai sering lupa. Tapi tak kutemukan wajah Rudi disana. Yang kutemukan hanya wajah-wajah pembikin huru hara yaitu Atik hehehe. Karena Atik dulu suka menggoda aku. Aku memang tipe pria yang gocik terhadap wanita. Ngaku aja hehehe…

Di akhir emailnya Rudi menulis “Nek e duduk Ganden yo aku njaluk sepuro yo”. Kata-katanya begitu lugu, begitu transparan. Bahkan sudah lama sekali aku tidak menjumpai keluguan dalam masyarakat kita. Tapi dugaan Rudi ada yang keliru. Semasa SMP aku nggak pernah naik sepeda motor. Aku cuman naik sepeda onthel rek….Maklum dari kalangan getho hehe…Dengan antusias aku balas email Rudi karena memang aku rindu sekali berada di lingkungan seperti waktu SMP.

“Iyo aku pancen Ganden sing sekolah nang SMP Mojoagung. Tapi sepurane yo aku lali karo wajahmu”, kataku membuka percakapan dalam email. Tak lupa pada akhir emailku aku titip salam dari Groningen untuk teman-teman lama di Mojoagung. Selama dua hari aku masih mencoba membongkar memori dalam otakku hanya sekedar ingin menemukan wajah Rudi. Akhirnya aku dapat email balasan dari dia.

“GUENDEEEEENG dadi awakmu nulis artikel nang Opini Jawa Pos teko Londo?”. Ternyata dia tahu aku karena membaca artikelku di Opini Jawa Pos. Awal kalimat emailnya membuatku kaget hehe.. Pikirku, “Aku gak gendeng rek hehehe…”. Rupanya dia terkaget-kaget kalau aku ada di Belanda dan masih sempat menulis artikel untuk Jawa Pos. Aku baru sadar bahwa ada bagian yang aku lakukan selama ini ternyata bagi orang mungkin sesuatu yang luar biasa. Aku tercenung sesaat. Kadang kita selalu beranggapan bahwa apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang biasa…tidak pernah berpikir bahwa itu adalah luar biasa bagi orang lain. Akhirnya kita juga menganggap bahwa yang dilakukan oleh orang lain juga hal yang biasa. Inilah letak kesalahannya. Sikap yang demikian akhirnya membentuk pribadi orang  yang tidak mudah menghargai karya orang lain. Dan lebih penting sikap yang demikian menunjukkan bahwa kita tidak pernah bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Alloh swt. Email kawanku telah menyadarkanku. Di akhir emailnya yang kedua dia menulis “Nek e mulih nang ndeso ojo lali mampir nang omahku yo..karo ojo lali nggawakno oleh-oleh teko Londo”. “Insya Alloh…”, jawabku dalam hati. Mudah-mudahan kita menjadi manusia yang selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Alloh. amin

Groningen, 14 Agustus 2006

Komentar»

1. wina dian savitri-departement of biology unair (080412930) - Mei 7, 2008

subhanalloh, memang manusia jarang sekali bersyukur. semoga cerita bapak menyadarkan semua yg membacanya..btw, beasiswa austrianya mana Pak? saya cari koq nggak ada..


Tinggalkan Balasan

