jump to navigation

Aktivitas

Manusia dilahirkan dengan kekhususan masing-masing. Mereka mempunyai kelebihan dan kelemahan. Demikian juga dengan jenis pekerjaan yang harus dipilih. Banyak orang berpendapat bahwa pekerjaan yang baik adalah yang memberikan gaji tinggi. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak benar sepenuhnya. Manusia mempunyai sifat serakah di salah sisi kehidupannya sehingga cenderung materialistik.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa pekerjaan yang paling baik adalah yang dapat dinikmati dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Sejak kecil ada ketentraman batin jika saya mengajari teman sekelas. Sifat ini rupanya terbawa sampai dewasa. Oleh karena itu dengan mantap saya memilih profesi sebagai dosen setelah saya menyelesaikan pendidikan S1. Tidak sedikit teman-teman mengejek pilihan saya. Mereka bilang profesi dosen tidak menjanjikan karena gajinya sangat rendah.

Interaksi dengan mahasiswa adalah sesuatu yang sangat tidak membosankan. Setiap tahun datang mahasiswa baru dengan karakter beragam. Mereka datang dari latar belakang yang beragam pula. Pandangan mata mereka penuh dengan keyakinan. Mereka memanggul harapan orang tua. Interaksi informal dengan mahasiswa dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Atau hanya sekedar ngobrol santai mengenai topik tertentu. Tidak jarang mereka curhat. Mulai dari masalah kuliah sampai masalah pribadi. Dan semua itu sangat wajar.

Secara formal interaksi dengan mahasiswa dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar maupun riset. Kegiatan riset adalah yang paling menyita perhatian saya. Saya begitu terlena jika membicarakan suatu topik riset. Saya selalu menekankan ke mahasiswa bahwa kita harus mempunyai sense of research dan sense of business. Tanpa sense of research kita hanya akan menjadi budak teknologi. Tapi tanpa sense of business kita harus bersiap-siap untuk miskin. Perpaduan dua sisi itu merupakan harmoni dalam pengembangan ilmu.

Sebagai seorang dosen saya harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penyiapan materi kuliah yang prima dan pengembangan teknik belajar mengajar yang baik adalah aktivitas rutin yang harus dilakukan. Saya juga harus mengikuti perkembangan riset terbaru di bidang yang saya tekuni sehingga ilmu yang kita berikan ke mahasiswa selalu up to date. Pengembangan networking dengan universitas dan lembaga riset yang lain merupakan kebutuhan yang sangat penting. Pengembangan riset harus berbasis pengembangan ilmu dan aplikasi. Sehingga riset yang dikembangkan dapat diterapkan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

Komentar»

1. arsie - September 11, 2009

salut bwt semangat cak ganden, dulu saya juga pernah bercita2 jadi guru, sampai sekarangpun masih, (tapi blom ada yang nawarin he.he.he), bercerita tentang jombang rupanya kita sedaerah, kayaknya satu sma juga,, jadi bangga ada wong jombang yang begitu hebat seperti cak ganden ..salammm..

2. dhika - Mei 18, 2012

salut untuk semangat dan perjuangan bapak.
motivasi yang bagus dan tiada henti


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: